November 14, 2021

Pusat Budidaya dan Pengembangan Tanaman Anggur Import Dengan Metode Tabulampot

PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan OMU memiliki komitmen dalam melakukan upaya perbaikan lingkungan khususnya terkait upaya perlindungan keanekaragaman hayati dari kegiatan penghijauan/hijaunesiapower. Pada tahun 2022, PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan OMU melakukan implementasi program unggulan di bidang perlindungan keanekaragaman hayati yaitu program budidaya dan pengembangan tanaman anggur import PLTU Banten 2 Labuan OMU.

Permasalahan Awal

PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan OMU memiliki bekas rumah bibit yang sudah lama tidak manfaatkan, sehingga membuat area tersebut menjadi gelap dan berlumut. Dalam mengoptimalkan area PLTU rumah bibit tersebut dimanfaatakan kembali menjadi pusat edukasi budidaya tanaman anggur import dan pengembangan yang bermanfaat bagi pegawai dan masyarakat setempat.

Asal Usul Ide Perubahan atau Inovasi

Pengembangan program inovasi budidaya dan pengembangan tanaman anggur import PLTU Banten 2 Labuan OMU berasal dari perusahaan sendiri dimana ide program inovasi ini muncul karena adanya pegawai yang memiliki hobi budidaya tanaman khususnya pegawai yang kreatif, telaten dan inovatif. Karena kekurangan lahan, pegawai tersebut mengusulkan pemanfaatan bekas rumah bibit kepada Manajemen PLTU Banten 2 Labuan OMU. Ide perubahan atau inovasi yang dilakukan perusahaan berasal dari adanya peluang untuk mengatasi permasalahan yang ada. Perusahaan dapat melakukan perbaikan kondisi lingkungan dengan menggunakan metode tabulampot. Tabulampot merupakan kepanjangan dari tanaman buah dalam pot yang memiliki arti yaitu tumbuhan yang dibudidayakan didalam pot yang tujuannya untuk hiasan ataupun untuk di produksi buahnya. Oleh karena itu, PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan OMU melakukan program inovasi budidaya dan pengembangan tanaman anggur import PLTU Banten 2 Labuan OMU dengan tujuan untuk menyulap area bekas rumah bibit menjadi pusat edukasi yang berkelanjutan di kecamatan Labuan, kabupaten Pandeglang.

Perubahan yang dilakukan dari Sistem Lama

PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan OMU melakukan inovasi program edukasi budidaya dan pengembangan tanaman anggur import PLTU Banten 2 Labuan OMU yang merupakan program unggulan karena dapat mengedukasi pegawai dan masyarakat kecamatan Labuan dalam mengoptimalkan area menjadi produktif menjadi pusat edukasi budidaya dan pengembangan tanaman anggur import. Inovasi ini pertama kali diimplementasikan di Indonesia pada Sektor PLTU atau Menurut Best Practice 2018-2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Program budidaya dan pengembangan tanaman anggur import PLTU Banten 2 Labuan OMU ini sebagai pusat edukasi sehingga banyak dikunjungi oleh bebagai organisasi/instansi.

Perubahan Sistem dari Program Inovasi

Program budidaya dan pengembangan tanaman anggur import PLTU Banten 2 Labuan OMU berdampak pada perubahan sub sistem dimana terjadi perubahan alur proses yang dilakukan oleh perusahaan dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Kondisi sebelum adanya program: rumah bibit dengan luas 200 m2 yang tidak dimanfaatkan dan tidak produktif diganti menjadi tempat budidaya anggur.
  2. Kondisi setelah adanya program: mengoptimalkan dan memanfaatkan bekas rumah bibit menjadi area produktif dengan menanam anggur import menggunakan metode tabulampot serta menjadikan pusat edukasi budidaya dan pengembangan yang dapat dikunjungi oleh berbagai instansi/organisasi masyarakat setempat.

Pada implementasi program budidaya dan pengembangan tanaman anggur import PLTU Banten 2 Labuan OMU juga dilakukan product sharing melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat yaitu mengalami peningkatan kesejahteraan yang dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat berupa ketersediaan lapangan pekerjaan.

Dampak Lingkungan dari Program Inovasi

Dampak lingkungan yang dihasilkan adalah berupa kenaikan indeks keanekaragaman hayati pada tahun 2022 sebesar H’ = 3.49828759682484 yang setara dengan keuntungan dari penjual anggur sebesar Rp 1.645.000.

Berita Kegiatan Kehati Lainnya

31 Agustus 2021

Pusat Budidaya dan Pengembangan Tanaman Anggur Import Dengan Metode Tabulampot

PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan OMU memiliki komitmen dalam melakukan upaya p...

Selengkapnya